aiandroidkotlinmachine learningpemograman

Kotlin Untuk Aplikasi Android

aplikasi mobile biasanya membutuhkan proses pengembangan yang lebih cepat.
 Selain itu, dengan begitu banyaknya tipe perangkat mobile, developer perlu memastikan bahwa aplikasinya dapat berjalan dengan baik pada semua perangkat. 

Dengan semua fitur yang Kotlin tawarkan, terpenuhilah semua kebutuhan pada pengembangan aplikasi mobile. Berikut ini adalah beberapa kelebihan mengembangkan aplikasi Android dengan Kotlin:
  • Compatibility
    Kotlin sepenuhnya kompatibel dengan JDK 6. Ini memastikan bahwa aplikasi yang dibangun dengan Kotlin dapat berjalan pada perangkat Android yang lebih lama tanpa ada masalah. Android Studio pun mendukung penuh pengembangan dengan bahasa Kotlin.
  • Performance
    Dengan struktur bytecode yang sama dengan Java, aplikasi yang dibangun dengan Kotlin dapat berjalan setara dengan aplikasi yang dibangun dengan Java. Terdapat juga fitur seperti inline function pada Kotlin yang membuat kode yang dituliskan dengan lambda bisa berjalan lebih cepat dibandingkan kode yang sama dan dituliskan dengan Java.
  • Interoperability
    Semua library Android yang tersedia, dapat digunakan pada Kotlin.
  • Compilation TimeKotlin mendukung kompilasi inkremental yang efisien. Oleh karena itu, proses build biasanya sama atau lebih cepat dibandingkan dengan Java.

Tersedia juga beberapa kumpulan tools yang membuat pengembangan aplikasi Android dengan Kotlin menjadi lebih produktif seperti:
  1. Kotlin Android ExtensionsMerupakan sebuah ekstensi yang memungkinkan Anda untuk menyingkirkan pemanggilan findViewById() saat proses binding view dalam kode Anda. Ia akan tergantikan properti yang dihasilkan oleh kompiler sintetis.
  2. AnkoSebuah library yang menyediakan kumpulan wrapper untuk API Android, serta DSL (Domain Spesific Language) yang memungkinkan Anda mengganti file .xml layout Anda dengan kode Kotlin.
  3. Android KTXAndroid KTX membuat pengembangan aplikasi Android dengan Kotlin lebih ringkas, menyenangkan, dan idiomatis berkat fitur-fitur Kotlin.

Perkembangan Kotlin pada Android pun bisa dibilang sangat cepat. Bahkan pada acara Google I/O 2019 lalu, Google mengumumkan Kotlin First!, yaitu menetapkan Kotlin sebagai bahasa pemrograman nomor 1 (satu) untuk Android. Hampir semua update pada Android saat ini sudah menggunakan Kotlin pada dokumentasinya. Tim Android juga merilis Android Jetpack yang merupakan sekumpulan library yang dapat digunakan untuk memanfaatkan fitur bahasa Kotlin dengan lebih advanced. Semua dokumentasi juga disediakan dengan sangat jelas dan lengkap pada https://developer.android.com/kotlin/ atau https://kotlinlang.org/docs/reference/android-overview.html. Tersedia juga banyak referensi yang bisa Anda gunakan untuk mulai membangun aplikasi Android dengan Kotlin. Salah satunya adalah kelas Kotlin Android Developer Expert (KADE) yang Dicoding kembangkan. Kelas KADE membantu Anda mempelajari pengembangan aplikasi Android dengan Kotlin sesuai kebutuhan industri saat in

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *